Tampilkan Bakat dan Minat Siswa melalu Pentas Seni

Hari Kamis, 15 November 2018, merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para siswa SMA Negeri 1 Klampok. Semua menantikan karena hari Kamis inilah pensi digelar dalam rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-35 Smansa Perjaka. Kegiatan pensi memang memiliki daya tarik tersendiri yang mencuatkan antusiasme tinggi dari warga sekolah. Seperti yang diduga, indoor begitu ramai oleh riuh rendah penonton yang bersemangat menyaksikan penampilan para peserta.
Agil Mila, selaku Ketua OSIS, menuturkan bahwa semangat para peserta sudah tampak dari jauh-jauh hari. Sebelum agenda pensi tiba, para siswa sudah berlatih dengan sungguh-sungguh untuk mendukung penampilan. Agil mengatakan bahwa hal tersebut sangat positif karena itu berarti para peserta menyambut baik agenda kegiatan perayaan HUT sekolah.
Pentas seni tersebut diselenggarakan selama dua hari, tepatnya pada 15-16 November 2018. memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pensi tidak hanya diadakan selama 1 hari saja, melainkan dua hari. Hal itu dikarenakan banyak para peserta yang menampilkan persembahan dengan durasi 10-15 menit sehingga tidak akan cukup jika hanya diselenggarakan selama satu hari. Pada tahun ini, siswa banyak yang unjuk gigi menampilkan drama, tari tradisional, dan tari modern. Kearifan lokal kini semakin digemari dan cukup mendominasi. Para peserta tak segan-segan menyewa pelatih tari, kostum, dan properti. Hal itu juga disampaikan oleh Zalfa, siswa kelas XII IPS 2, yang ikut terlibat mewakili kelasnya dalam acara pensi tersebut.
“Kami sangat senang menyambut acara HUT sekolah. Pada tahun ini, kami mempersembahkan tari. Saya dan teman-teman berlatih selama 3 minggu dan mengundang pelatih tari demi tampil maksimal. Kami puas dengan penampilan kami. Selebihnya, kami berharap Smansa Perjaka semakin jaya,” ungkap Zalfa usai ia tampil bersama teman-temannya.
Kegiatan pensi menjadi sajian pembelajaran yang mendapat tempat istimewa di hati para warga sekolah. Pentas seni tetaplah sebuah kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut, siswa bisa menampilkan bakat-bakat seni mereka dan jadi bagian dari pendidikan karakter pula. Harapan besar untuk generasi milenial, semua dapat tumbuh bersama pembelajaran dan pengalaman.

Tampilkan Bakat dan Minat Siswa melalui Pentas Seni

Navigasi pos