Hari ke empat Penilaian Akhir Semester (PAS), para siswa Smansa Perjaka masih bersemangat tinggi. Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 memang hampir berakhir. Pada tanggal 26 November sampai dengan 5 Desember tahun 2018 ini, Smansa Perjaka mengadakan kegiatan penilaian seperti di sekolah-sekolah lain yang sederajat. Ada dua mata pelajaran yang diujikan pada tiap harinya. Sebelum penyusunan raport, tentulah para siswa harus memiliki nilai-nilai sebagai tolok ukur perkembangan prestasi belajarnya pada tiap semester. Hal serupa disampaikan oleh salah satu guru Smansa Perjaka, Dewi Rahmawati, S.S.

“Saya berharap PAS kali ini berjalan lancar seperti kegiatan penilaian di waktu-waktu sebelumnya. Memang ada beberapa siswa yang tidak bisa mengikuti PAS karena sakit, tetapi mereka masih bisa datang saat jadwal kegiatan penilaian susulan. Hal yang harus dipenuhi siswa adalah melengkapi nilai agar kami bisa segera melakukan input nilai, baik pada penilaian harian pada ranah pengetahuan maupun tugas-tugas lain (keterampilan). Semua harus ada,” kata Dewi usai mengawas di salah satu ruang.
Keseriusan siswa dalam menghadapi PAS tampak pada aktivitas siswa. Setengah jam sebelum masuk sesi pertama, biasanya siswa sudah ramai berkerumun di depan ruang masing-masing, sembari membaca buku atau berdiskusi dengan teman. Pada saat pergantian sesi atau saat jam istirahat, para siswa akan berganti buku untuk mempersiapkan diri sebelum sesi ke dua dimulai dengan kembali membaca referensi yang dimiliki. Saat bel masuk berbunyi, mereka dengan tertib memasuki ruang dengan berbekal alat tulis saja seperti pensil, pulpen, dan karet penghapus.”

Saya mengikuti PAS ini dengan sungguh-sungguh. Setiap malam saya berusaha belajar dengan maksimal. Kalau untuk soal yang saya terima, tentu ada yang mudah dijawab dan ada pula yang sulit. Tapi saya coba menjawab semua soal semampu saya. Untuk hasilnya nanti, saya serahkan kepada Allah, semoga usaha saya membuahkan hasil yang memuaskan,” tutur Denisa, salah satu peserta PAS dari kelas XI IPS 3.

Setelah mengikuti pembelajaran selama enam bulan, kegiatan penilaian di akhir semester menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting. Dengan mengikuti setiap jadwal pembelajaran dengan baik, siswa nantinya bisa melihat perkembangan prestasi masing-masing. Apakah nilai saya akan naik atau justru turun? Hal itu seringkali jadi pertanyaan siswa di akhir semester. PAS memang bukan penentu satu-satunya untuk nilai akhir siswa di semester gasal. Nilai-nilai harian pada penilaian pengetahuan, keterampilan, bahkan sikap tiap individu, merupakan deretan sumber nilai. Hal itu sering disampaikan guru kepada para siswa sebagai bahan acuan selama mengikuti pembelajaran di sekolah. (Ty&Ti)

Siswa Smansa Perjaka Ikuti PAS Gasal

Navigasi pos