Para siswa Smansa Perjaka, khususnya kelas X dan XI, tengah sibuk berkutat dengan soal-soal dari beberapa mata pelajaran di kelas masing-masing. Mereka kini sedang menjalani jadwal Penilaian Tengah Semester (PTS) yang sudah dimulai sejak Jumat (22/3) sampai dengan Jumat yang akan datang (29/3). Pihak sekolah mengadakan PTS sebagai salah satu langkah pembekalan bagi siswa agar memiliki tolok ukur terhadap kemajuan prestasi belajar mereka. Selain kegiatan PTS yang sedang berlangsung, ada juga kegiatan pemadatan materi pembelajaran yang kini menjadi rutinitas siswa kelas XII.

“Jujur saja, saya tidak belajar setiap hari. Untuk kegiatan PTS kali ini, saya mencoba belajar semampu saya, yaitu dengan membaca dan memahami bahan pembelajaran. Semoga nilai PTS saya jauh lebih baik dibanding nilai-nilai sebelumnya,” tutur Anas, siswa kelas XI IPS 2.

Menurut Dewi Rahmawati, S.S., semua siswa  perlu menyadari pentingnya belajar, bahkan dalam keseharian (selain jadwal PTS). Siswa harus berusaha untuk menambah pengalaman dan pengetahuannya lewat kegiatan belajar rutin agar semua tidak dilakukan serba mendadak dan siswa lebih siap menerima tambahan materi  pembelajaran dari waktu ke waktu.

Penilaian harian, salah satunya PTS, diharapkan bisa memotivasi siswa agar terus menjaga semangat belajar. Apa yang sudah didapatkan, sejauh mana pemahaman terhadap pembelajaran yang sudah dilalui, memang perlu pengujian. Dengan begitu, baik siswa maupun guru, bisa melakukan pengamatan dan perbaikan untuk proses pembelajaran selanjutnya. Semoga para siswa semakin mudah meraih prestasi, dengan berbagai bekal pendukung diri.

 

Siswa Kelas X dan XI Smansa Perjaka Ikuti PTS Semester Genap

Navigasi pos