Dunia pendidikan semakin akrab dengan kehadiran teknologi. Semua didorong untuk mengikuti perkembangan zaman. Terobosan baru pun ikut dilakukan oleh salah satu guru di Smansa Perjaka kaitannya dengan pemanfaatan teknologi. Puput Gunadi, S.S., M.Pd., salah satu guru Bahasa Inggris tengah memberlakukan PTS online berbasis android pada siswa kelas X yang diajarnya. Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang dijadwalkan berlangsung sejak tanggal 22-29 Maret 2019 tersebut dimanfaatkan Puput Gunadi untuk kali pertama pelaksanaan PTS dengan melibatkan penggunaan handphone.

Metode pembelajaran seperti itu memang sangat fleksibel mengingat para siswa kini hidup di tengah kemajuan teknologi yang berkembang pesat. Gadget menjadi barang yang saat ini sangat dekat dengan keseharian siswa. Hampir semua anak muda memiliki handphone android dikarenakan siswa merasa memerlukannya untuk.menunjang kebutuhan komunikasi dan informasi. Hal itulah yang mendorong Puput Gunadi memanfaatkan keberadaan gadget dengan memperkenalkan cara baru pada pelaksanaan PTS, yaitu menyajikan soal secara online .Jadi, tidak ad penggunaaan lembar soal dan lembar jawab, hemat kertas, karena siswa cukup menyiapkan handphone berbasis android yang terhubung dengan jaringan internet.
“Saya senang bisa mencoba hal baru seperti PTS online yang baru saja saya lalui. Awalnya agak khawatir, takut tidak bisa, atau keliru pada praktik pelaksanaan PTS. Tapi setelah mendapat arahan dari guru dan melalui tahap demi tahap, akhirnya saya bisa menyelesaikan PTS Bahasa Inggris tersebut, ” ujar An-Nizar, salah satu peserta PTS online dari kelas X MIPA 2.
Contoh PTS online seperti yang disebutkan sebelumnya dapat dijadikan tantangan bagi siswa untuk membiasakan pembelajaran dan penilaian dengan TIK. Kesempatan menyontek di kalangan siswa juga akan semakin minim. Proses pembelajaran menjadi transparan. Bagi guru atau tenaga pendidik, PTS online bisa dicoba sebagai tantangan pula dan berkesempatan merasakan cara penilaian yang berbeda terhadap perkembangan prestasi siswa. Hanya saja, karena berkaitan dengan teknologi, baik guru maupun siswa harus bisa mengoperasikan program secara online dengan baik. Kemauan lepas dari gaptek menjadi salah satu modal untuk bisa melaksanakan metode pembelajaran online berbasis android.

PTS Online Berbasis Android, Gaya Baru dalam Pembelajaran

Navigasi pos