SMA N 1 Purwareja Klampok sebentar lagi akan mengadakan Penilaian Akhir Semester (PAT). Dalam waktu dekat ini siswa dituntut untuk mulai mempersiapkan diri menghadapi akhir semester genap ini yang direncanakan akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2019. Siswa diharapkan belajar lebih giat lagi dan mampu meraih prestasi yang lebih baik.

“Persiapan saya untuk akhir semester genap ini, yaitu dengan memperbanyak membaca. Bukan membaca saja, tetapi memahami dan menerapkan materi menjadi sebuah konsep, jadi tidak sekedar hafalan saja. Memperbanyak latihan soal karena semakin banyak saya mengerjakan latihan soal semakin mudah saya menjawab soal saat ujian, saya belajar dengan santai dan tidak terlalu memaksakan saya harus mendapat nilai bagus, tetapi saya memaksa diri saya untuk bisa mengerjakan sendiri, karena berapapun hasilnya nanti saya sudah berusaha dan itu hasil dari kemampuan saya,” kata Istinganah salah satu murid kelas X. Isti berusaha sebaik mu hkin dalam belajar karena ia ingin mencari tahu seberapa baik kemampuannya yang dilakukan dengan usaha sendiri. Apapun hasilnya, menurutnya itu lebih baik daripada mendapat nilai tinghi tetapi hasil menyontek atau bertindak tidak jujur. “Semoga teman-teman bisa percaya diri dengan kemampuan sendiri. Persiapkan ujian dengan baik dan mengerjakan ujian dengan jujur. Berusahalah sukses dari diri sendiri bukan hasil orang lain,” tambah Isti.
Penilaiai Akhir Semester merupakan salah satu cara mengukur keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil dari penilaian semester genap ini juga sangat berpengaruh terhadap kelanjutan kegiatan pembelajaran siswa, apalagi berkaitan dengan kenaikan kelas. Tentu tidak ada siswa yang ingin tinggal kelas, untuk itulah diperlukan usaha dan doa yang sungguh-sungguh agar keinginan tersebut bisa terwujud.

Persiapan Siswa Jelang PAT

Navigasi pos