Annisa Aryati, Siswa Kelas XII

Menjadi siswa kelas XII memang sungguh lain dibandingkan dengan menjalani aktivitas sebagai siswa kelas X atau kelas XI. Banyak yang mengakui ketika sudah sampai tingkat kelas XII, kesibukan semakin bertambah. Tuntutan dan tanggung jawab juga semakin besar.

Rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan agenda puncak menuju kelulusan harus dijalani satu persatu. Tentu saja menguras waktu, tenaga, bahkan biaya. Tapi seperti itulah episode kehidupan anak sekolah. Selalu ada tantangan yang datang silih berganti.

Salah satu agenda penting bagi siswa kelas XII, yaitu pelaksanaan UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer. Selama 4 hari di awal April, para siswa kelas XII telah mengikuti UNBK 2019. Segala macam persiapan dan pelaksanaan UNBK sudah terlewati. Sebagian siswa merasa lega, tapi tak sedikit juga yang menyampaikan bahwa mereka tetap saja masih harap-harap cemas karena pengumuman kelulusan belum hadir di depan mata. Seperti itu pula yang disampaikan salah satu siswa kelas XII di Smansa Perjaka.

“Setelah UNBK aku merasa sedikit santai,tapi di satu sisi juga masih dag dig dug menunggu hasil yang pasti setelah UNBK. Belum bisa santai karena masih cukup padat persiaan UTBK bagi yang melaksanakan. Sebagian yang lain tidak masih berusaha mencari loker untuk mengisi liburan selama 4 bulan juga setelah UNBK usai,” tutur Annisa Aryati.

 

 

UNBK Usai, Kecemasan Belum Selesai

Navigasi pos