Menuju ajang adiwiyata tingkat nasional, Smansa Perjaka tampak disibukkan dengan berbagai persiapan. Senin, 8 Maret 2021, beberapa warga sekolah yang mendapatkan mandat dari Kepala Sekolah mulai melebarkan aktivitas kerjanya. Semua berjibaku dengan tanggung jawab masing-masing. Kerja tim memang menjadi faktor penentu terhadap hasil yang ingin diraih. Dengan harapan yang sama untuk kepentingan semua, persiapan demi persiapan dilakukan untuk mencapai prestasi meski masih dalam situasi pandemi.

Peran Seluruh Warga Sekolah

Menciptakan lingkungan yang nyaman pastinya tak mudah seperti sulap, bim salabim!! Partisipasi dari semua pihak, mulai dari pimpinan sekolah, guru, siswa, pekerja kebun, harus bekerja sama untuk mewujudkan sekolah adiwiyata yang sesuai harapan. Hal itu telah menjadi tujuan sekolah agar keseimbangan lingkungan tetap terjaga. Banyaknya lahan hijau yang ada di Smansa Perjaka membuat pihak-pihak yang berkunjung merasa betah menikmati suasana di lingkungan sekolah.

“Perpaduan bangunan fisik dan banyaknya lahan hijau di Smansa Perjaka memang membuat banyak orang yang datang ke Smansa Perjaka merasa nyaman dengan suasana yang ada. Beberapa orang suka mencoba duduk-duduk di gazebo dekat taman, menikmati hijaunya lapangan dan pepohonan, sembari merasakan semilir angin segar. Untuk itulah Smansa Perjaka selalu mengupayakan perawatan lingkungan yang baik, termasuk adanya sumbangsih dari warga sekolah. Buang sampah pada tempatnya, menjaga sarana dan prasarana sekolah, pembuatan biopori, gerakan bersih lingkungan adalah beberapa aktivitas warga sekolah yang dilakukan bersama,” tutur Waka Humas Smansa Perjaka, Sugeng Haryadi, S.Pd.

Semangat Sekolah Adiwiyata

Berkat kesungguhan Smansa Perjaka di bidang lingkungan, Smansa Perjaka menjadi salah satu sekolah adiwiyata di Kabupaten Banjarnegara yang pernah berjuang sampai ke tingkat provinsi. Hal tersebut memicu semangat warga Smansa Perjaka untuk terus berinovasi dalam perawatan lingkungan dan perwujudan ruang belajar yang nyaman.  Tahun demi tahun, pemanfaatan luasnya lingkungan Smansa Perjaka makin maksimal. Taman-taman sekolah makin rapi dan asri, banyaknya pepohonan menjulang hijau, dan hadirnya kebun buah yang subur, menjadi nilai plus yang membedakan Smansa Perjaka dengan sekolah-sekolah lain di Banjarnegara.

“Semua yang diupayakan tentunya tak luput dari banyak faktor dan dukungan warga sekolah. Suasana yang kini bisa dinikmati di lingkungan Smansa Perjaka berangkat dari tujuan-tujuan demi kepentingan bersama. Semoga kita masih bisa terus melanjutkan pemeliharan sekolah dan berujung baik tahun demi tahun,” ungkap Waka Sarpras Smansa Perjaka, Drs. Ibnu Ashar, M.M.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *