Smansa Perjaka merupakan salah satu sekolah adiwiyata di Kabupaten Banjarnegara. Sebagai sekolah yang memiliki area luas dan berisi bangunan fisik maupun nonfisik, tentu saja Smansa Perjaka perlu pihak lain untuk pembangunan sekolah yang lebih dinamis. Berkaitan dengan hal tersebut, Smansa Perjaka menjalin kerja sama dengan pihak lain, seperti BLK (Balai Latihan Kerja ), DPP (Dinas Pelatihan Pertanian), PUSKESMAS, dan beberapa SMP berwawasan adiwiyata yang ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Kerjasama tersebut dikuatkan dengan adanya MOU (Surat Perjanjian) dan sudah terjalin beberapa tahun ini.

Kepedulian Bersama

Bentuk kerja sama dengan pihak lain cukup beragam, hal itu disesuikan dengan jenis lembaga yang dilibatkan. Bersama BLK, Smansa Perjaka menjalin hubungan baik dengan cara mengadakan beberapa kegiatan seperti penyuluhan atau pengadaan bibit tanaman untuk sekolah.

DPP yang lokasinya sangat dekat dengan Smansa Perjaka seringkali diminta untuk memberikan penyuluhan mengenai cara cocok tanam yang tepat dan efektif. Untuk penyuluhan kesehatan, Smansa Perjaka melibatkan PUSKESMAS wilayah Klampok. Lain lagi untuk kerja sama dengan beberapa SMP berwawasan adiwiyata, Smansa Perjaka biasanya mengadakan studi banding seperti pelatihan pembuatan biopori, pembuatan kompos, pendidikan karakter bidang wawasan lingkungan, dan lain sebagainya.

“Untuk mewujudkan sekolah adiwiyata seperti yang diharapkan, tentu saja tak cukup jika hanya dilakukan secara intern. Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak lain tetap dibutuhkan Smansa Perjaka agar mampu meningkatkan pembangunan lingkungan sekolah yang semakin baik. Hal itu kini tampak pada suasana sekolah yang terus mengalami perubahan dan peningkatan di bidang pemanfaatan lingkungan. Saya berharap, dengan berbagai usaha yang dilakukan sekolah bersama pihak-pihak terkait dapat mewujudkan sekolah yang asri dan nyaman sehingga dapat mendukung situasi pembelajaran yang kondusif,” kata Drs. Amin Shodiq, Kepala Smansa Perjaka (16/3).

Take and Give

Bentuk kerja sama tersebut sebagai program take and give sehingga Smansa Perjaka maupun pihak-pihak lain dapat menjalankan fungsi masing-masing yang sarat program berbagi pengalaman dan pengetahuan. Hal itu menjadi salah satu terobosan yang bermakna bagi semua pihak yang terkait untuk menjalankan peranan lembaga sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Dengan menjalin kerja sama yang baik, harapan jauh ke depan tentu saja untuk kepentingan bersama dan pemeliharaan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, zaman yang semakin modern, industri yang makin banyak, gaya hidup, dan banyak hal lain bisa menjadi pemicu kerusakan lingkungan. Kesadaran terhadap kelestarian lingkungan itulah yang sangat penting dijadikan dasar untuk melakukan gerakan-gerakan yang tepat sasaran. Semoga dengan kerja sama dengan berbagai pihak yang sudah terjalin baik, Smansa Perjaka menjadi sekolah adiwiyata yang makin jaya.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *