Smansa Perjaka, Banjarnegara – Salah satu fase penting dalam alur kerja seorang pegawai adalah saat ia memasuki masa pensiun atau purna tugas. Sebuah fase yang memungkinkan seorang pegawai mengistirahatkan dirinya dari tekanan dan rutinitas pekerjaan yang digelutinya selama bertahun-tahun.

Purna tugas perlu dimaknai secara positif yaitu sebagai sarana untuk menghangatkan kembali hubungan dengan keluarga dan masyarakat secara lebih utuh dan mendalam. Juga saatnya untuk menekuni hobi yang barangkali selama ini tidak tersentuh.

Memaknai Purna Tugas

Demikian kira-kira gambaran aktivitas pasca purna tugas yang baru saja dijalaninya. Pak Yohanes Sulistiyanto atau akrab disapa Pak Yo ini memulai masa purna tugasnya per Oktober tahun 2020 kemarin. Banyak hal yang dilakukan Pak Yo dalam menjalani masa pensiunnya ini. Beliau sangat aktif dalam menekuni hobi lamanya yaitu berkebun.

Aneka tanaman mulai dari bunga hingga beragam sayuran sangat rapi tertata di sekeliling kediamannya. Sebuah rumah yang sangat asri dengan beragam penghijauan.

Berbagi Kisah Inspiratif tentang Tanaman

Ditanya tentang aktivitas rutinnya, pria dengan 7 cucu ini menuturkan bahwa usai menjalankan solat Subuh beliau bersantai terlebih dahulu hingga tiba pukul 07.00 Pak Yo mulai meluncur ke kebun dan tamannya untuk melakukan kegiatan perawatan tanaman.

Menyiangi rumput, menyiram, dan memupuk adalah ragam kegiatan seputar perawatan tanaman. “Tanaman itu kalau dirawat dengan hati dengan cinta maka akan tumbuh subur dan bagus,” tutur pria yang telah mengabdikan dirinya selama 32 tahun di dunia pendidikan ini beberapa waktu lalu.

Didampingi istri tercinta, Pak Yo banyak berbagi kisah inspiratif untuk generasi muda saat ini. Diantaranya beliau berpesan untuk mengutamakan aspek kejujuran dalam segala hal karena inilah pondasi kesuksesan. “Tanpa kejujuran, mustahil seorang pelajar akan sukses. Nilai mudah diraih namun kejujuran perlu menjadi perhatian,” demikan ucapnya bersemangat.

Ya, demikianlah kita sebagai generasi muda perlu terus mengeksplorasi beragam kemampuan agar nantinya mampu mandiri dalam pencapaian masa depannya.

Pak Yo dengan segenap keaktifannya dalam mengisi masa pensiunnya merupakan contoh nyata tentang semangat itu ada dan harus terus menyala, menebarkan manfaat seluas mungkin.

Salam sehat selalu untuk Pak Yo dan keluarga dari kami, keluarga besar Smansa Perjaka.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *