SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK

Perpustakan

Perpustakaan sering disebut sebagai jantungnya sebuah sekolah. Tidak salah sebutan tersebut karena nyatanya perpustakaanlah tempat segala ilmu digelar, dirayakan. Perpustakaan mengemban tugas nan mulia, yaitu poros pencerdasan bangsa melalui sekolah.

Profil perpustakaan yang sehat adalah adalah perpustakaan yang mengedepankan kepentingan pembacanya, mengedepankan pelayanan yang paripurna dan maksimal. Sebab tanpa itu, perpustakaan ibaratnya tinggallah onggokan buku tanpa makna dan hancurlah bangsa ini jika generasi mudanya abai dalam berliterasi.

Perpustakaan adalah tempat lebih dari sekadar tumpukan buku tanpa makna, namun ia adalah sebuah ruang bagi terciptanya aneka dialog dan ide yang siap ditransformasikan menjadi sebuah kerja-kerja besar dan cerdas. Meminjam istilah Najwa Shihab, sang duta baca nasional kita, apalah artinya ijazah yang bertumpuk jika jiwa tumpul, tak punya kepedulian pada sesama.

Di sini artinya perpustakaanlah penghela ilmu pengetahuan, pembawa peradaban melalui buku-buku indah yang disimpannya. Perpustakaan akan memberi makna jika ia dikelola oleh orang yang benar-benar memahami makna literasi yang sesungguhnya, literasi yang bukan hanya dalam arti permukaannya saja, namun dangkal dalam aksi.

Perpustakaan mampu memainkan perannya jika ia diberi ruang, diberi kepercayaan sekaligus keyakinan untuk membuktikan komper=tensinya sebagai alat mencerdaskan anak bangsa. Sungguh tidaklah berat sebab ia hanya mensyaratkan penggunaan hati dan rasa cinta dalam mewujudkannya.

Maka besar harapan kita akan meningkatnya literasi di kalangan anak muda, generasi milenial saat perpustakaan mampu memberdayakan dirinya juga semua pengunjung yang memanfaatkannya. Perpustakaan maju, majulah sekolahnya pula!!

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share