SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK

Tari dan Geliat Sastra Banyumas

Puncak seni adalah saat seni tersebut unjuk kebolehan dengan jalan diapresiasi. Seni lukis dengan dipamerkan, seni sastra melalu pembacaan, dan seni tari dengan jalan ditonton. Keriaan akan hadir mengalir melebur dalam satu suka cita.

Hal itulah yang dirasakan oleh tim tari Sanggar Sekar Shanty Susukan Banjarnegara yang kemarin tampil dalam acara peluncuran Umah Sastra Ahmad Tohari Cilongok Banyumas pada 25 Januari 2020.

Sanggar tari di bawah asuhan Shanty dan Yus ini memang mencurahkan konsentrasinya dalam aspek pelestarian budaya lokal agar dapat dinikmati semua kalangan.

Tim tari yang terdiri atas 6 orang penari ini sukses menampilkan Sendratari Buka Klambu yang memiliki filosofi sebagai upaya penyetaraan gender seorang Srintil dalam perjuangannya di masa awal negara ini berdiri.

Selain itu, Buka Klambu sendiri merupakan sebuah ritual khusus ketika seseorang hendak menjadi seorang ronggeng. Tim tari ini menampilkan tari dengan durasi sepanjang 20 menit terdiri atas pembukaan..

Umah Sastra Ahmad Tohari sendiri merupakan sebuah alternatif cerdas dalam menikmati seni khususnya sastra. Wahana tersebut bernama Umah Sastra Karang Panginyongan yang terletak di Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Tersedia aneka sarana edukatif yang akan memanjakan setiap pengunjung yang haus dengan dunia sastra.

Setiap penampilan tari memiliki tonjolan atau pemeran utama untuk menghidupkan cerita dalam tari itu sendiri. Pemilihan tonjolan diserahkan pada selera pelatih tari itu sendiri. Tonjolan memiliki peran lebih karena ia merupakan pemain utama dalam cerita yang dibawakan.

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share