SMAN 1 PURWAREJA KLAMPOK

Yuk, Buang Sampah dari Tubuh Kita

Buang sampah dari tubuh kita. Emm, apa sih maksudnya? Sampah itu misal keringat, daki, atau apa sih? Hehehe. Yup, itu juga sampah ya yang harus dibuang dengan cara rajin membersihkan diri lewat cara membasuhnya dengan air.

Tapi untuk pembahasan kali ini, maksudnya “sampah” yang special nih. Sampah yang nggak keliatan banget secara fisik tetapi bikin berat tubuh. Sampah yang mengotori aura wajah, hati, dan pikiran. Jadi, sampah yang dimaksud di sini tuh sampah mental ya.

Untuk era milenial seperti sekarang ini, sulit memungkiri akan banyaknya godaan yang bersumber dari luar diri remaja.

Pergaulan tipe modern, kecanggihan teknologi, kiblat terhadap budaya barat seringkali disinggung sebagai beberapa hal yang memicu kestabilan mental remaja masa kini.

Efeknya? Kekhawatiran yang berlebihan, sensitifitas tinggi, amarah yang meluap tanpa kendali, dan masih banyak fakta lainnya yang saat seringkali ditemui dalam kehiduoan remaja sehari-hari.

Berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak sudah bukan hal yang dijadikan pilihan pertama kali. Berpikiran buruk dan emosi lebih dikedepankan tanpa basa-basi.

Tak hanya itu, kini banyak juga remaja yang terkesan ogah-ogahan dalam menyelesaikan sesuatu padahal berkaitan dengan porsi tugas atau kewajibannya.

Misalnya saja, mengerjakan tugas tetapi lebih memilih menyadur dari tugas lain baik dari tugas teman atau mengambil dari internet tanpa ada sedikitpun sentuhan buah pikiran sendiri.

Malas melakukan sesuatu secara fisik pada hal-hal yang sederhana, malas menyelesaikan masalah tetapi sibuk dengan menggerutu atau mengumbar amarah. Itulah sampah-sampah yang ada pada diri. Tidak tersadari secara fisik, tetapi nyata terjadi.

Nah, lewat contoh-contoh tersebut, apakah kita akan membiarkan sampah-sampah tersebut berada di dalam diri kita? Tentu jawabnya tidak ya.

Hanya saja, kita juga harus action untuk membuang sampah-sampah itu agar lepas dari tubuh kita, hati kita, dan pikiran kita. Beberapa hal bias kita coba.

Mulai dari belajar mengontrol emosi, mengendalika kecurigaan yang berlebihan, bergabung dengan komunitas yang berpikir positif, dan banyak pilihan lainnya yang bisa kita ikuti untuk melindungi mental kita supaya tetap bersih dan sehat. Yuk, buang sampah dari tubuh kita. Do you want to try?

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share