Sejarah

SMA NEGERI 1
PURWAREJA KLAMPOK

Moving Forward for The Brighter Future

MIPA

IPS

BAHASA

Sebuah institusi berdiri berdasarkan pada kekuatan filosofi yang mendasarinya. Kekuatan filosofi akan menentukan seberapa jauh, seberapa tangguh institusi tersebut berdiri. Di sini letaknya sebuah pemikiran matan ditelurkan, dieksekusi oleh pihak yang sama-sama mencurahkan pemikirannya.

Demikian pula dengan keberadaan Smansa Perjaka yang dicikal bakali oleh adanya kesadaran para pendirinya akan sebuah pentingnya pendidikan di masa depan. Sebuah niat luhur akan mendatangkan kemuliaan. Kira-kira demikian kata hati para founding fathers sma kita tercinta ini.

Berdiri kokoh di atas lahan desa purwareja, smansa perjaka dirintis dengan dilandasi cinta dan pengabdian, jadilah sebuah lembaga pendidikan yang kelak menelurkan alumni-alumni yang membanggakan dan mengharumkan nama almamater tercinta.

Senyatanya demikianlah seharusnya sebuah institusi, keberadaannya bermakna bagi lingkungan sekitarnya. Tanpa itu apalah artinya menterengnya gerbang sekolah dan bangunan fisik di dalamamnya. Jadilah, kedalaman maknalah senyatanya penyusun segala sesuatu. Tanpanya, sesuatu menjadi hilang tiada arti.

Berdiri pada tahun 1983 dengan pernyataan kesepahaman antara pemerintah desa Purwareja dengan pemuka desa, disepakati berdirinya SMa Negeri 1 Purwareja Klampok. Sebuah masa romantic dalam arti penuh haru, penuh romansa luhur yang meniscayakan pentingnya sebuah masa depan.

Di hadapan bpk……dan ……disepakati pembangunan awal sekolah saat itu. Sebuah cita-cita telah ditetapkan, rancangan masa depan dipijakkan. Maka tugas generasi selanjutnya untuk mengamankan cita-cita luhur tersebut dengan sederet langkah nyata yang mengharumkan nama besar almamater tercinta.

Demikianlah, perjalanan telah dimulai, layar telah dikembangkan, meminjam istilah Sutan Takdir Alisjahbana. Maka tapak demi tapak pencapaian sudah semestinya menjadi warna menjadi pemandu setiap insan yang bernaung di bawah bendera Smansa Perjaka.

Sebab, apalah arti sebuah kebesaran lembaga jika para warganya tak mampu membaca kedalaman makna di dalamnya. Mari terus benahi diri, penuhi komitmen dengan janji militan yang tumbuh dari dasar hati.

2021

Pengumuman

Halo sobat ada pengumuman terbaru nih, di buka ya. .

Jangan di lihatin saja :) :)