Sejarah

Sejarah

SMAN 1 Purwareja Klampok

Sebuah institusi berdiri tentu saja berdasarkan pada kekuatan filosofi yang mendasarinya. Kekuatan filosofi akan menentukan seberapa jauh, seberapa tangguh institusi tersebut berdiri. Di sini letaknya sebuah pemikiran matang dihasilkan, dieksekusi secara sadar oleh semua pihak yang berpemikiran sama.

Demikian pula dengan keberadaan Smansa Perjaka yang dicikalbakali oleh adanya kesadaran para pendirinya akan pentingnya sebuah pendidikan di masa depan. Sebuah niat luhur akan mendatangkan kemuliaan. Kiranya demikianlah kata hati para founding fathers sekolah kita tercinta ini.

Menempati luas lahan 32.325 m2, Smansa Perjaka tumbuh menjadi sekolah yang menelurkan alumni-alumni berprestasinya. Semua itu tentu bukan tanpa kerja keras dan cerdas dari segenap civitas akademikanya. Semua melalui proses dan perjalanannya tersendiri.

Berdiri pada tahun 1983 dengan pernyataan kesepahaman antara pemuka masyarakat dengan pemerintah Desa Purwareja saat itu, disepakatilah berdirinya SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Sebuah sekolah menengah yang dicita-citakan sebagai tempat penggemblengan atau madrasah bagi anak bangsa, pecinta ilmu untuk suatu saat berkontribusi besar bagi daerahnya. Sebuah cita-cita mulia sekaligus luhur.

Kelas IPA, Biologi, dan IPS merupakan cikal bakal pendirian sekolah yang berlokasi di Jl. Raya Klampok ini. Di tahun berikutnya muncullah ide untuk membuka jurusan Bahasa dengan pertimbangan keunikan jurusan tersebut yang berfokus pada pengembangan aspek kebahasaan. Hingga saat ini eksistensi jurusan Bahasa masih terus ada dan diminati oleh para siswa kita, tentu saja dengan dinamikanya tersendiri.

Demikian sekelumit sejarah tentang sekolah yang telah berusia 37 tahun ini. Besar harapan semua pihak, mulai dari warga sekolah, orang tua, alumni, komite sekolah juga masyarakat bahwa sekolah yang dikenal sebagai Green School ini akan mampu tampil menjadi penyemai kebaikan di tengah masyarakatnya. Semoga.