Membangun Atmosfer Intelektual di Sekolah

Berbicara tentang pendidikan tidak akan bisa dilepaskan dari dinamika dan perubahan. Perubahan senantiasa menuntut kejelian untuk menyesuaikannya agar tidak tertinggal dan hanya menjadi penonton.

Demikian pula jika kita berbicara tentang aktivitas tulis menulis atau literasi.

Literasi dimaknai sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca berbagai hal secara efektif. Di dalamnya tersusun sebuah pengertian bahwa kemampuan membaca segala hal harus dilatihkan sejak dini karena literasi berkaitan erat dengan kemampuan berpikir atau logika.

Jika logika sAeseorang kuat maka seluruh tatanan kehidupannya akan sistematis dan berkemajuan.

Membangun atmosfer positif di sebuah institusi pendidikan menjadi suatu hal yang mutlak untuk seluruh insan pendidikan sebab dari dunia pendidikanlah, perubahan sangat diharapkan.

Atmosfer intelektual terutama ditujukan pada adanya sebuah sistem yang mendukung berjalannya proses keilmuan di dalamnya, seperti penelitian, presentasi ilmiah, diskusi, lokakarya, seminar, dan tersedianya literatur yang memadai sebagai basis rujukan keilmuan itu sendiri.

Dengan demikian, infrastruktur sekolah sangat menunjang terwujudnya atmosfer keilmuan itu sendiri.

Melalui sebuah seminar hasil penelitian misalnya, guru akan mampu mengomunikasikan temuannya guna meningkatkan kapasitas diri dan peserta didiknya dalam pembelajaran.

Bukankah muara dari aktivitas guru adalah untuk peserta didiknya? Dengan demikian, guru tidak boleh jauh-jauh dari aktivitas penelitian dan keilmuan itu sendiri.

Sebab mengurus peserta didik adalah diumpamakan sebagai mengurus sebuah bangsa. Dari tangannyalah akan lahir profil manusia pembelajar yang menyenangi tantangan dan menjadi penemu aneka solusi di lingkungannya.

Muara dari semua itu adalah terwujudnya generasi muda yang literat, mampu membaca sekaligus menemukan solusi bagi setiap problema kehidupan masyarakat yang telah melahirkannya.

Kategori

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share

Pengunjung

  • 0
  • 79
  • 23
  • 43.711
  • 10.970