Merangkai Keberagaman dalam Bingkai Seni: Siswa SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Belajar Menghargai Perbedaan Melalui Still Life Drawing
Purwareja Klampok, 7 Oktober 2024 – Setelah sukses menggelar pembukaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan subtema “Harmoni keberagaman Nusantara dalam perspektif Gen Z”, siswa-siswi kelas X dan XI SMA Negeri 1 Purwareja Klampok melanjutkan eksplorasi mereka terhadap keberagaman melalui kegiatan yang unik dan kreatif.
Dalam upaya memahami makna keberagaman yang lebih dalam, para siswa diajak untuk mengikuti kegiatan still life drawing. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan menggambar, namun juga mendorong siswa untuk mengamati, menganalisis, dan menghargai perbedaan perspektif.
Berbeda itu Indah, Terlihat dalam Setiap Goresan Pensil
Sebelum memulai kegiatan, para siswa diberikan pemahaman tentang konsep “berbeda itu indah” oleh guru. Mereka kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok dan duduk mengelilingi benda-benda atau objek yang akan digambar. Setiap siswa diminta untuk menggambar objek tersebut dari posisi duduk masing-masing tanpa boleh berpindah.
Hasilnya pun menarik. Meskipun mengamati objek yang sama, setiap siswa menghasilkan gambar yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan bahwa setiap individu memiliki perspektif yang unik dan cara pandang yang berbeda terhadap suatu objek.
Refleksi Mendalam tentang Keberagaman
Setelah selesai menggambar, siswa diajak untuk menjawab beberapa pertanyaan refleksi, seperti:
- Benda apa yang kamu gambar?
- Mengapa gambar teman sekelompokmu berbeda dengan gambarmu?
- Gambar mana yang paling tepat?
Pertanyaan-pertanyaan ini mendorong siswa untuk berpikir kritis dan menganalisis perbedaan yang ada. Diskusi kelas yang dipandu oleh guru semakin memperkaya pemahaman siswa tentang makna keberagaman.
Mendekatkan Diri pada Seni dan Diri Sendiri
Melalui kegiatan still life drawing, siswa tidak hanya belajar tentang seni, tetapi juga tentang diri mereka sendiri. Mereka belajar untuk menghargai perbedaan pendapat, menerima keberagaman, dan membangun rasa empati terhadap sesama.
Hasil Karya Dukung Proses Belajar
Semua hasil karya siswa dan dokumentasi kegiatan dikumpulkan dalam sebuah drive yang telah disediakan. Hal ini memungkinkan siswa untuk merefleksikan kembali proses belajar mereka dan melihat perkembangan kemampuan masing-masing.
Kegiatan still life drawing dalam proyek P5 ini telah berhasil mencapai tujuannya, yaitu menanamkan pemahaman yang lebih dalam tentang keberagaman di kalangan siswa. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang seni, tetapi juga tentang pentingnya menghargai perbedaan dan membangun hubungan yang harmonis dengan sesama.
Dengan demikian, kegiatan P5 ini tidak hanya menjadi ajang belajar, tetapi juga menjadi pengalaman yang berharga bagi siswa dalam membangun karakter sebagai generasi muda yang menghargai keberagaman.
0 Komentar