Smansa Perjaka, Banjarnegara – Telah banyak diulas tentang ragam makna kepemimpinan dalam berbagai literatur dan seminar. Berserak pula ribuan paparan tentang kepemimpinan dalam berbagai aspek.

Semua bermuara pada satu kesimpulan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan memengaruhi orang lain atau suatu kelompok ke arah pencapaian tujuan. Apabila dikaji lebih dalam, niscaya kita akan menemukan ribuan mutiara tentang pesona kepemimpinan.

Kepemimpinan yang secara universal mampu menggerakkan,menyelaraskan hasrat dan kebutuhan manusia sepanjang zaman.

Berbicara tentang kepemimpinan juga tidak bisa dilepaskan dari gaya atau jiwa kepemimpinan. Sebab jiwa kepemimpinan menjadi kunci dalam meraih tujuan-tujuan tertentu. Mengutip dari situs pemimpin.id dijelaskan di dalamnya bahwa gaya kepemimpinan yang tepat akan membuat anggotanya nyaman dan mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan.

Kepemimpinan saat ini telah mengalami pergeseran gaya dan arah karena adanya pengaruh perkembangan teknologi dan inovasi digital yang bergerak cepat secara eksponensial.

Di era sekarang, seorang pemimpin dituntut untuk memberikan hasil pekerjaan yang baik dan hal tersebut hanya bisa dicapai bila terbentuk tim yang solid. Tak kalah pentingnya juga adanya budaya dan proses kerja yang tepat.

Jiwa kepemimpinan bisa dibentuk sedari awal dengan cara menginternalisasikan aspek aspek kepemimpinan dalam skala sederhana sesuai dengan jenjang pemahaman seorang anak. Hal hal fundamental tentang karakter baik harus terus disemai dalam segala lini demi terwujudnya sumber daya manusia yang mumpuni, yang sanggup menyelesaikan persoalan dirinya sendiri maupun orang lain.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dipandang sangat strategis dalam menajamkan karakter baik terhadap peserta didiknya agar kelak mereka mampu menyelesaikan problem kehidupan dan tampil sebagai pemimpin masa depan.

Dengan beragam cara dan format, sekolah bisa mengemas nilai nilai kepemimpinan dalam diri para siswa agar generasi milenial terbekali dengan karakter kepemimpinan yang mumpuni dan handal. Semoga.

Kategori: Artikel