Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Lokasi | SMAN 1 Purwareja Klampok, Banjarnegara |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Menengah Atas |
Tujuan yang ingin dicapai | Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis, menerapkan dalam unjuk kerja (praktik) keterampilan gerak tolak peluru mulai dari keterampilan materi memegang peluru, gerakan awal, gerakan menolak peluru dan gerakan akhir dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) |
Penulis | Abdul Rofiq |
Tanggal | 15 Juni 2023 |
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan adalah : 1. Untuk diri saya sendiri yaitu untuk meningkatkan kemampuan kompetensi sebagai guru profesional 2. Untuk teman sejawat yang mempunyai permasalahan yang sama semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi
Apa peran dan tanggung jawab dalam praktik ini adalah : 1. Pendidik mempunyai tanggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan model maupun media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan
|
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini adalah :
1. Pemanfaatan media pembelajaran. Pemanfaatan media pembelajaran tidak berbasis ICT sehingga berimbas pada pemahaman materi tolak peluru yang kurang pada peserta didik. 2. Pemilihan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan kurang inovatif sehingga tidak atau kurang menarik bagi peserta didik dan tidak menerapkan basis ICT maupun TPACK yang sudah sesuai perkembangan jaman 3. Kesulitan dalam pemahaman peserta didik. Kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh pendidik hal ini disebabkan peserta didik hanya dapat materi yang sebagian besar bersumber dari guru, tanpa mencari referensi yang lain.
Dalam kegiatan aksi ini banyak yang terlibat yaitu: 1. Dosen Pembimbing 2. Guru Pamong 3. Kepala Sekolah dalam pemberian ijin pemakaian sarpras dan pelaksanaan kegiatan 4. Rekan sejawat, membantu dalam merekamkan video saat proses pembelajaran 5. Peserta didik kelas X |
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat /Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Langkah-langkah / strategi yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi adalah :
1. Menggunakan model pembelajaran yang inovatif 2. Menggunakan audio visual 3. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyimak video pembelajaran dan mempraktikan hasil pengamatannya pada saat praktik 4. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengomentari dari hasil presentasi dan praktik temannya 5. Memberikan kesempatan untuk merefleksi dari kegiatan praktik 6. Memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik 7. Memberikan apresiasi kepada peserta didik
Prosesnya adalah : 1. Pendidik menyiapkan RPP yang telah disusun berdasarkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran PBL 2. Peserta didik diberikan rangsangan/stimulus dengan mengamati video materi pembelajaran yang akan disampaikan 3. Peserta didik berdiskusi dengan teman 1 kelompoknya mencari referensi materi melalui google atau wikipedia untuk bahan presentasi dan pengetahuan peserta didik Sumber daya yang diperlukan adalah : Sarana dan prasarana yang menunjang sesuai dengan materi yang akan diajarkan |
Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan sangat efektif karena dapat dilihat dari :
1. Peserta didik lebih semangat dan antusias 2. Peserta didik lebih aktif dalam belajar 3. Pembelajaran berpusat pada siswa (Studen centered)
Respon dari orang lain mengenai strategi yang dilakukan adalah : Hasilnya efektif, karena berjalan sesuai dengan perencanaan yang didasari oleh pembelajaran yang inovatif, kemudian dilihat dari antusias dan semangat siswa mengikuti pembelajaran dan motivasi siswa untuk menggali keingintahuannya dengan materi tersebut.
Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan : Pendidik menjadi faham terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat sehingga dapat membuat pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan
Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan proses : Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan proses tersebut adalah penggunaan media pembelajaran yang sesui terutama yang menarik dan inovatif akan sangat berpangaruh dalam keberhasilan pembelajaran karena ketertarikan peserta didik terhadap materi meningkat dan apabila kurang memahami dapat diulang kembali serta peserta didik akan mendapatkan pengalaman yang sepenuhnya seperti kondisi riil bukan abstrak seperti teks dari buku dengan tujuan untuk mencapai target yang di inginkan. Serta penggunakan ICT sangat membantu pendidik dalam menyampaikan materi yang sulit kepada peserta didik agar lebih dipahami. |
0 Komentar