SMANSA PERJAKA Galang Semangat P5 Melalui Proyek Gaya Hidup Berkelanjutan

Dipublikasikan oleh Admin pada

Purwareja Klampok, 15 Januari 2024 – SMAN 1 Purwareja Klampok hari ini meluncurkan proyek inovatif yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dengan mengusung tema gaya hidup berkelanjutan. Proyek ini diresmikan dalam sebuah seremoni khusus di lapangan upacara sekolah pada tanggal 15 Januari 2024.

Dalam acara peluncuran tersebut, Kepala Sekolah SMAN 1 Purwareja Klampok,  Linovia Karmelita, S.Sos, menyampaikan bahwa proyek ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan pemahaman dan implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. “Kami ingin menciptakan generasi yang tidak hanya cakap dalam akademis, tetapi juga memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi serta mampu menjalani gaya hidup berkelanjutan sesuai dengan ajaran Pancasila,” ujarnya saat membuka acara P5.

Proyek ini melibatkan siswa kelas X dan XI serta guru SMAN 1 Purwareja Klampok, yang akan bekerja sama dalam serangkaian kegiatan.

Apapun serangkaian kegiatan dalam P5 diantaranya budidaya magot, menanam, pemanfaatan limbah, pembuatan pupuk organik dan program yang dirancang untuk memperkuat pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai bagian dari upaya menciptakan lingkungan sekolah yang ramah lingkungan, SMAN 1 Purwareja Klampok juga berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dengan memperkenalkan langkah-langkah penghematan energi dan pengelolaan limbah. Siswa-siswa diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam mempromosikan praktik berkelanjutan di lingkungan sekitar mereka.

Selain itu, proyek ini juga akan melibatkan kolaborasi dengan pihak luar, termasuk komunitas lokal dan lembaga lingkungan, untuk memberikan wawasan dan dukungan tambahan dalam mewujudkan gaya hidup berkelanjutan di kalangan pelajar.

Acara peluncuran proyek ini diakhiri dengan kampanye lingkungan hidup dengan melakukan kebersihan lingkungan dan kelas oleh siswa dan guru sebagai simbol komitmen mereka untuk berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Semua pihak berharap bahwa proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mendorong pemahaman nilai-nilai Pancasila dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari melalui gaya hidup berkelanjutan.

Kategori: Berita Terkini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *