Meet and Greet Inspiratif dengan Sastrawan H. Ahmad Tohari

Dipublikasikan oleh Admin pada

Banjarnegara, 2 Mei 2024 – Suasana kehangatan dan keceriaan mengisi Indor SMAN 1 Purwareja Klampok pada hari ini saat para siswa dan staf pengajar berkumpul untuk acara istimewa “Meet and Greet” bersama sastrawan dan budayawan ternama Banyumas, H. Ahmad Tohari. Acara yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 ini menjadi momen berharga bagi para pelajar untuk mendapatkan inspirasi dari tokoh sastra terkemuka tersebut.

Sebelum acara utama dimulai, tim karawitan guru SMAN 1 Purwareja Klampok yang dikenal dengan nama “Dwijo Laras” tampil memukau dengan lagu-lagu tradisional seperti “Ricik Ricik” dan “Suwe Ora Jamu”, menghadirkan nuansa kekhasan budaya Jawa yang kental.

Acara kemudian dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah, Ibu Linovia Karmelita, S.Sos, yang menyambut para tamu undangan dan memberikan apresiasi kepada seluruh siswa atas antusiasme mereka dalam mengikuti acara. Parade buku karya siswa kelas X juga menjadi bagian dari pembukaan acara, menunjukkan potensi kreativitas para pelajar dalam mengekspresikan gagasan dan ide melalui tulisan.

Momen yang dinanti-nantikan pun tiba, saat sastrawan dan budayawan H. Ahmad Tohari berbagi pengalaman dan inspirasi dalam menulis. Dalam sesi sharing yang penuh inspirasi, beliau memberikan tips dan pandangan tentang pentingnya literasi bagi generasi muda.

Acara dilanjutkan dengan materi dari anggota DPRD Banjarnegara, Ibu Lilis Ujianti, S. Agi., M. Pd., yang tak hanya membagikan kisah inspiratif tentang menulis buku, tetapi juga mengingatkan para remaja akan bahaya narkoba dan seks bebas. Beliau juga mempromosikan buku terbarunya yang berjudul “Bocah Kok Nikah”, sebagai bentuk upaya dalam memberikan pemahaman tentang nilai-nilai moral kepada generasi muda.

Acara ditutup dengan penampilan musikalisasi puisi yang disajikan oleh siswa SMAN 1 Purwareja Klampok, mengakhiri hari ini dengan nuansa keindahan seni sastra dan musik.

“Meet and Greet” bersama H. Ahmad Tohari dan Ibu Lilis Ujianti menjadi salah satu momen berharga bagi para siswa dalam menggali pengetahuan, inspirasi, dan pengalaman dari para tokoh sastra dan budaya. Semoga semangat literasi dan kecintaan akan budaya lokal terus berkembang di kalangan generasi muda.

Penulis : UdibaraID

Editor : Dewi Rahmawati, S.S.

Dokumentasi : Teguh Priyanto, S.Kom.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *