Smansa Perjaka, Banjarnegara (16/4) Semangat dan jiwa Pramuka telah lama tersohor atas etos kerja dan disiplin yang baik. Hal ini menjadi bekal penting kader Pramuka untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Dari sekian banyak bekal kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, bekal komunikasi menjadi bekal yang sangat krusial untuk dikuasai saat ini. Salah satu kemampuan komunikasi di era digital saat ini adalah bagaimana seorang pemimpin mampu mendeliver atau mengirimkan pesan positif untuk warga yang dipimpinnya. Hal ini penting agar seluruh maksud pemimpin mudah dicerna karena tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, menjadi penting memiliki kemampuan komunikasi baik tulis maupun lisan.

Dalam upaya mematangkan kemampuan komunikasi kader Pramuka, gugus Pramuka Ambalan Imam Bonjol SMA N 1 Purwareja Klampok menggelar sebuah acara strategis guna menyiapkan kader-kader Pramuka yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Acara tersebut diberi tajuk Diklat Jurnalistik.

Menghadirkan sebanyak 73 kader baru dari kelas X dan XI, kegiatan Diklat Jurnalistik yang berlangsung dari tanggal 15 dan 16 April ini menghadirkan pemateri dari lingkungan sekolah sendiri dengan maksud agar lebih mengenali medan bagi seluruh peserta diklat.


Fakih Ali Nuha, selaku ketua penyelenggara, saat ditemui menuturkan bahwa tujuan kegiatan diklat ini adalah untuk meningkatkan kapasitas komunikasi anggota Pramuka agar cakap saat terjun ke dunia masyarakat selanjutnya. “Kemampuan komunikasi utamanya menulis sekarang ini menjadi sangat penting. Oleh karena itu, kami menggelar kegiatan yang relate atau nyambung dengan isu terkini di kalangan milenial,” ujar pelajar kelas XI Mipa 1 ini mantap.

Materi disajikan dalam 3 sesi yakni pengertian jurnalistik, videografi, fotografi, caption dan editing. Dengan saksama para peserta menyimak seluruh pemaparan materi yang diberikan. Hari kedua kegiatan diklat jurnalistik ini diisi dengan praktik fotografi serta pembagian takjil di beberapa titik lingkungan sekitar sekolah menjelang buka puasa.

Demikianlah, puasa sejatinya adalah berisikan semangat juang pantang menyerah, selaras dengan seruan Pramuka agar senantiasa bergairah, bergembira di manapun kita berada. Salam hangat Pramuka.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.