SMANSA PERJAKA

Sebuah Terobosan Kesehatan

Smansa Perjaka, Banjarnegara – Kesehatan dan pendidikan, dua isu elementer yang saling terkait dan terpadu. Keduanya memegang posisi strategis dalam pembangunan sebuah bangsa.

Pendidikan yang baik didukung oleh sistem kesehatan yang memadai akan menunjang terwujudnya generasi emas Indonesia pada saatnya nanti di tahun 2045. Di saat itulah bangsa kita akan menikmati bonus demografi.

Pospindu Siswa dan Guru: Sebuah Terobosan Kesehatan

Guna mendukung aspek kesehatan warga sekolah, tim UKS ( unit kesehatan sekolah ) Smansa Perjaka telah secara aktif berkecimpung dalam penanganan kesehatan di lingkup sekolah.

Juga melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR, para siswa dilatih sejak dini mengenal seluk beluk dunia kesehatan. Hal ini penting sebagai bekal mereka dalam jenjang pendidikan selanjutnya.

Upaya promosi kesehatan remaja sangat diutamakan mengingat remaja merupakan aset bangsa di masa depan. Salah satu upaya promosi kesehatan yang dilakukan oleh tim UKS untuk warga sekolah adalah diselenggarakannya Pospindu atau pos binaan terpadu.

Pospindu digelar baik untuk guru karyawan juga untuk para siswa dari semua jenjang. Untuk siswa baru pospindu digelar dengan kegiatan meliputi pemeriksaan berat badan, kesehatan gigi, mata, mulut, hingga reproduksi.

” Hal ini kami lakukan sebagai upaya preventif di bidang kesehatan dan kegiatan ini diadakan dengan menggandeng Puskesmas Klampok sebagai mitra kami. Kami merasa sangat terbantu atas kerja sama yang baik ini,” demikian tutur Asih Trisnowati, S.Pd. selaku koordinator tim UKS Smansa Perjaka.

Lebih jauh ia menuturkan bahwa kegiatan Pospindu untuk guru karyawan ditujukan pada pemeriksaan gula darah, kolesterol, tensi, dan kondisi fisik.

Demikianlah, aspek kesehatan merupakan ujung tombak kualitas sebuah bangsa. Bahwa pada bangsa yang maju tentu ditopang oleh fisik masyarakatnya yang prima.

Maka, pengembangan sarana prasarana tim kesehatan sekolah harus menjadi prioritas program sekolah apalagi di era pandemik seperti sekarang ini merupakan era new normal di mana masyarakat harus benar-benar memperhatikan faktor kesehatan bila tidak ingin terpapar berbagai penyakit, utamanya Corona.

Jadi mulailah beralih pada gaya hidup sehat menuju bangsa yang maju. Semoga.

Kategori

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share

Pengunjung

  • 0
  • 25
  • 13
  • 40.569
  • 9.954

Gridlove

Jl. Raya Purwareja Klampok, Dusun Sidodadi, Purworejo, Kec. Purworejo Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah 53474.