Banjarnegara – Senin pagi, 12 Oktober 2020, tampak lapangan berumput hijau dipenuhi puluhan peserta upacara. Apel Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus OSIS Smansa Perjaka Masa Bakti 2020/2021 diselenggarakan pagi tadi. Di masa pandemi, hanya beberapa perwakilan siswa dan pihak sekolah yang hadir pada kegiatan tersebut.

Penyelenggaraan apel di lapangan upacara Smansa Perjaka tadi pagi melibatkan Kepala Sekolah selaku pembina upacara, wakil kepala sekolah, pembina OSIS, para wali kelas, perwakilan dari pengurus perpustakaan dan tim dapodik, serta pengurus OSIS yang lama dan yang baru. Serah terima jabatan dan pelatikan pengurus OSIS baru bertujuan untuk membuka gerbang bagi kegiatan-kegiatan OSIS dengan agenda-agenda baru.

Mengukir Harapan Baru

OSIS memiliki agenda-agenda yang sudah direncanakan setiap awal tahun pembelajaran. Jumlahnya cukup banyak. Bulan Oktober ini merupakan jadwal serah terima jabatan dan pelantikan. Ditengah kewaspadaan terhadap virus Covid 19, agenda tetap berjalan tentunya dengan tetap tidak melupakan protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak, dan tidak berkerumun setelah kegiatan apel berakhir.

“Kepada pengurus OSIS masa bakti 2019/2020, kami sampaikan terima kasih atas pengabdian kalian selama ini, semoga dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi kemajuan dan cita2 hidup kalian.
Untuk pengurus OSIS masa bakti 2020/2021, kami mengucapkan selamat berkarya, lanjutkan, dan kembangkan program kerja OSIS berikutnya. Lukiskan inovasi untuk membantu kemajuan dan pencapaikan visi-misi sekolah,” jelas Drs. Amin Shodiq, Kepala Smansa Perjaka saat ditemui usai apel.

Menguji Jiwa Kepemimpinan

Terjun dalam suatu organisasi tentu bukan hal yang mudah, apalagi dengan situasi pandemi seperti sekarang ini. Akan tetapi, kesempatan untuk melatih jiwa kepemimpinan dan mengecap banyak pengalaman di lapangan saat mengemban kepercayaan banyak pihak akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi peningkatan kualitas diri siswa. Hal serupa seperti yang disampaikan oleh Fiony, Ketua OSIS masa bakti 2020/2021.

“Aktif berorganisasi dan tetap menjalankan tugas utama sebagai seorang siswa tidak akan menimbulkan hambatan, melainkan menjadi tantangan. Asal ada kemauan dan kesungguhan. Banyak pengalaman yang menjadi jembatan bagi proses pendewasaan diri untuk masa-masa mendatang, termasuk yang berperan besar, yaitu menorehkan jiwa kepemimpinan yang kelak akan berguna juga di masyarakat,” tutur Fiony di sela-sela kesibukannya.

Kehidupan tetap bergulir, roda terus berputar. Begitupun dengan aktivitas OSAKA. Dengan dilantiknya pengurus baru, OSAKA masa bakti 2020/2021 akan bersiap menyambut kerja, karya, dan amanah untuk kemajuan Smansa Perjaka. Selamat menyambut tanggung jawab baru, selamat menunaikan tugas-tugas baru. Jayalah, Satu Jiwa Satu Raga! OSAKA!