Dua Siswa dari Smansa Perjaka mengikuti Kegiatan penyerahan hadiah Lomba Resensi Buku Tahun 2020 di Perpusda Banjarnegara pada Senin, 30 November 2020. Caca Kancahya W. (XI Bahasa) dan Annisa Qothrunnada K. (XII Mipa 5) menjadi pemenang lomba resensi yang diikuti pada akhir Oktober lalu. Caca berhasil meraih Juara Harapan 1 dan Annisa berhasil meraih Juara Harapan 2. Kegiatan lomba resensi yang diadakan oleh Disarpus Banjarnegara ditujukan untuk melaksanakan agenda lomba tahunan dan memberi wadah kompetensi menulis siswa.

Literasi di Masa Pandemi

Era pandemi membuat keterbatasan dalam banyak hal, termasuk pada kegiatan lomba di kalangan para siswa, padahal lomba menjadi salah satu jembatan untuk mengasah dan meningkatkan pengalaman, serta prestasi siswa. Lomba resensi yang telah selesai dilaksanakan pada Oktober lalu masih bisa diikuti karena tidak dilakukan secara langsung sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Siswa yang menjadi peserta lomba resensi membuat karya di rumah atau di sekolah, kemudian naskah lomba cukup dikirim ke Kantor Perpusda Banjarnegara.

Antusiasme Tinggi

Para siswa menyambut antusias terhadap lomba resensi, terbukti Smansa Perjaka mengirimkan peserta lomba terbanyak, yaitu 14 karya berupa resensi dari buku berjudul “Chance Your Habit” karya Isnaeni DK. Lomba resensi tersebut seolah menjadi pengobat kejenuhan siswa selama mengikuti serba-serbi PJJ. Pemenang lomba, Caca dan Annisa, mengaku senang karena diberi kesempatan untuk mewakili sekolah, juga dapat mengharumkan nama sekolah lewat prestasi yang berhasil diraih.

“Senang sekali dapat meraih kejuaraan pada lomba resensi tersebut. Selain mendapat pengalaman berarti selama proses penyusunan karya lomba, bahagia karena bisa menorehkan prestasi dan membanggakan orang tua serta sekolah,” tutur Caca dan Annisa usai menerima hadiah lomba.

Prestasi dapat memacu semangat siswa untuk menyalurkan bakat dan minat, salah satunya dapat diukir lewat ajang perlombaan. Hal yang dapat dijadikan bekal utama adalah usaha dan kesungguhan hati. Ayo beramai-ramai menorehkan semangat dan berprestasi meski masih pandemi, tentunya tanpa melupakan protokol kesehatan dan imunitas diri.

Kategori: Reportase