ADA SECABA DI SMANSA PERJAKA

Dipublikasikan oleh admin pada

Sabtu (26/3), suasana SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tidak sunyi seperti biasa. Semarak Kegiatan Pramuka tampak mewarnai Sabtu tersebut, tepatnya Kegiatan Seleksi Calon Bantara (SECABA) yang diikuti 73 calon peserta.

Menentukan Pilihan

Kegiatan Pramuka di SMA Negeri 1 Purwareja Klampok merupakan ekstrakurikuler wajib bagi kelas X. Namun untuk menjadi Pramuka Penegak Bantara itu pilihan, artinya siapa saja bisa asal ada kemauan. Hal itu dibuktikan dengan kesungguhan dari diri peserta didik dan izin dari orang tua. Hal yang ditekankan adalah kualitas, jadi bukan hanya kuantitas saja.

Menurut Fakih Ali Nukha, animo dari adik-adik sangat tinggi dan yang makin menggembirakan yaitu tahun ini banyak peserta didik laki-laki yang merasa terpanggil untuk ikut serta seleksi calon Bantara.

“Materi kegiatan berupa kesamaptaan jasmani, tes tertulis, essay, dan game. Ada pula penyampaian motivasi dari pembina Gudep,” tutur Hawa, selaku humas dari

Salah satu peserta, Eksel, mengatakan bahwa kegiatan kali ini benar-benar menyenangkan dan penuh tantangan. “Menyenangkan karena bisa berinteraksi dengan teman-teman. Kadang jenuh juga bermain HP di rumah. Kegiatan ini sungguh mengasyikkan. Tantangannya pun ada. Dalam kegiatan SECABA, semua materi seleksi dikemas dalam bentuk permainan, kadang tegang juga sih. Tapi ujung-ujungnya gembira,” tambah Eksel.

Pendidikan Karakter

Karakter yang baik tentu harus selalu dikenalkan kepada peserta didik, lebih lanjut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pembina Gugus Depan Pramuka SMA Negeri 1 Purwareja Klampok, Kak Eko Priyono, menyampaikan bahwa Kegiatan Seleksi Calon Bantara ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik melalui penanaman pendidikan karakter, antara lain karakter tanggung jawab, kerjasama, gotong royong, kepedulian, dan religius. Karakter tersebut dapat dijadikan wahana untuk mewujudkan pelajar yang baik. Sesuai harapan kurikulum merdeka, juga terbentuknya profil Pelajar Pancasila. Di sini melalui wadah gerakan Pramuka kita wujudkan harapan tersebut.

Kegiatan sekolah sudah seharusnya jadi jembatan pendidikan. Tak hanya akademik, pendidikan karakter hendaknya jadi pelita untuk terus diakrabkan dengan peserta didik tanpa pandang zaman. Maju terus, Pramuka Smansa Perjaka!!

Kategori: Berita Terkini

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.