SMANSA PERJAKA

IDULADHA | Sekelumit Kisah Heroik Yang Sesungguhnya

Smansa Perjaka, Banjarnegara  | Heroisme, sebuah jargon yang melambangkan kepahlawanan, keberanian, sekaligus keteguhan dalam memegang prinsip kebenaran yang diyakini.

Hal ini mustahil ditemukan pada karakter pragmatis yang mengutamakan kepentingan pribadi lebih dari kepentingan publik.

Profil heroisme selalu menginspirasi anak zaman dalam bentangan sejarah. Tak banyak jumlahnya, tetapi eksistensi mereka melebihi usia sejarah itu sendiri.

Tinta emas dan khazanah dalam berbagai karya akan selalu mencatatkan kisah-kisah mereka laksana mata air yang tak pernah kering.

Dalam kacamata Islam, profil heroisme lahir sejak Nabi Adam hadir ke muka bumi. Kemudian dilanjutkan oleh para Nabi berikutnya yang terus bergelut dengan gejolak umat yang menjadi lahan dakwahnya.

Di antara keindahan jejak para Nabi tersua sebuah nama indah: Ibrahim Alaihissalam. Darinya terpancar mozaik kisah yang menggugah kedalaman nurani manusia.

Ibrahim, seorang pemuda gagah yang senantiasa mengolah daya pikirnya atas kejanggalan-kejanggalan dalam tradisi kaumnya.

Lalu, dengan segala daya upayanya ia tampil mengajak kaumnya untuk memurnikan logika dan hati mengarah pada satu wujud yang Esa dan hakiki. Dialah Allah Swt.

Tak banyak manuver apalagi “pansos” (meminjam istilah kekinian) Ibrahim mengajak kaumnya untuk berpikir visioner.

Maka, ketika Allah Swt. menitahnya untuk melakukan penyembelihan pada putra tercintanya, Sang Nabi menuntaskan tugas tersebut dengan paripurna. Sempurnalah ia dalam ketundukan tanpa batas.

Dari pengorbanan Ibrahim, pelajaran apakah yang dapat kita petik?

Yang jelas, pengorbanan takkan berhitung dengan apapun karena pengorbanan adalah sebuah bentuk cinta, bentuk keutamaan pemuliaan nilai-nilai tertinggi.

Ibrahim serta Ismail, putranya, adalah permata dalam sketsa perjalanan spiritual kemanusiaan sepanjang sejarah hidup manusia.

Lalu, mampukah kita meneladaninya?

Happy Iduladha …!

Kategori

Facebook

Follow us

Selamat datang di website resmi SMAN 1 Purwareja Klampok, jangan lupa subrcribe, like dan share

Pengunjung

  • 0
  • 26
  • 14
  • 40.570
  • 9.955

Gridlove

Jl. Raya Purwareja Klampok, Dusun Sidodadi, Purworejo, Kec. Purworejo Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah 53474.