Smansa Perjaka, Banjarnegara – Membangun sebuah karakter tidaklah semudah membalikkan genggaman tangan. Diperlukan upaya terarah, terstruktur, dan berkesinambungan untuk mencapai titik yang diinginkan tersebut.

Sementara itu, beragam aspek negatif sedemikian meruyak di sekitaran kita. Sebutlah, masih tingginya sebaran berita hoaks, mudahnya masyarakat terprovokasi, hingga abainya masyarakat terhadap beragam peraturan yang ada.

Adalah menjadi tugas kita bersama untuk membimbing masyarakat terdekat kita agar menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Bukankah posisi manusia satu amat bergantung pada keberadaan manusia lainnya?

Mengawali dengan Dialog

Dialog sesungguhnya merupakan salah satu bentuk komunikasi. Di dalamnya akan terjabarkan ragam dimensi pengertian serta perspektif yang membuka beragam kemungkinan. Dari yang awalnya berasumsi A, lewat dialoglah akan mencairkan suasana dan pengertian itu sendiri. Kita semestinya memperbanyak porsi untuk berdialog dan berkomunikasi.

Banyak pesan positif yang dapat kita tanamkan pada kalangan generasi muda khususnya dalam aspek toleransi beragama. Hal ini penting karena kita hidup dalam keragaman. Dilatarbelakangi keberagaman itulah bangsa kita berdiri tegak hingga saat ini. Adalah tugas kita untuk merawat keberagaman tersebut dengan kata toleransi.

Sebagai manusia dewasa sekaligus intelektual, kita semestinya terus menanamkan nilai-nilai positif dalam diri generasi penerus bangsa ini. Semangat gotong royong, bahu membahu mengatasi problem masyarakat, adalah sedikit potret adanya rasa senasib sebagai sebuah bangsa. Saling bertegur sapa menanyakan kabar saat teman tidak hadir, adalah sebuah sentuhan sederhana yang akan menyuburkan cinta kasih itu sendiri.

Dengan demikian, kedamaian akan menjadi warna utama dalam kita menjalani hidup bermasyarakat.
Akhirnya, tiada keindahan yang tercipta tanpa upaya mulia di dalamnya. Selamat meneguhkan toleransi.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.