Semakin Berdaya Melalui Training Motivasi

Dipublikasikan oleh admin pada

Sehari usai pelaksanaan TO atau try out Ujian Sekolah, siswa kelas XII diajak untuk semakin mengenal atmosfer kehidupan kampus atau pendidikan tinggi. Hal ini sejalan dengan filosofi pendidikan di sekolah menengah atas, yakni untuk melanjutkan pendidikan para siswa ke jenjang yang lebih tinggi.

Ya, hanya dengan pendidikanlah, kapasitas intelektual, sosial, dan spiritual seseorang akan meningkat. Dengan bahasa lain, seperti sering dikutip oleh banyak ahli bahwa pendidikan merupakan eskalator bagi seseorang yang ingin mengalami peningkatan taraf hidupnya.

Tindak Lanjut Pencapaian

Seturut dengan hal itu, tim BK atau Bimbingan Konseling Smansa Perjaka menggandeng akademisi dari Unsoed Purwokerto untuk mengadakan training motivasi bagi seluruh siswa kelas XII. Kegiatan rutin tersebut digelar hari ini, Kamis, 17 Maret 2022 dengan inti materi pengenalan UTBK dan SBMPTN. Kegiatan tersebut mengambil tempat di indoor Smansa Perjaka dipandu oleh tim BK dan para wali kelas XII di dalamnya.

Dalam sambutannya, kepala SMA Negeri 1 Purwareja Klampok, Drs. Amin Shodiq menyatakan kegembiraannya atas antusiasme para siswa untuk hadir dalam acara tersebut. Lebih jauh, ia menegaskan pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pentingnya Karakter dan Moral

Hadir sebagai narasumber dalam acara training motivasi adalah 2 akademisi dari Unsoed yakni Dr. Toto Sugito, M. Si. dan Dr. Adi Iman S, S. iP, M.Si. Dalam paparannya Dr. Toto menyampaikan tentang pentingnya landasan moral atau karakter dalam beragam sendi kehidupan. Adapun Dr. Adi menekankan tentang pentingnya perubahan paradigma seorang pelajar bahwa menjadi seorang intelektual adalah menjadikan dirinya sebagai seorang penemu, peramu kemanfaatan untuk sesama dengan kapasitas intelektualnya. Jadi, bukan lagi berpikir sebatas menjadi pegawai atau abdi negara semata. Harus diupayakan pula adanya semacam keberanian untuk tidak melulu berada di zona nyaman saat ini. Sesekali kita perlu melongok sejarah perjalanan para tokoh besar, tentang bagaimana sepak terjang mereka dalam berkhidmat pada tugas intelektual sekaligus panggilan humanismenya.

Ditemui secara terpisah, Athala siswa dari jurusan Bahasa menyatakan kesannya mengikuti kegiatan training tersebut. “Saya yang awalnya tidak ingin kuliah sekarang lebih terbuka lagi tentang arti penting pendidikan lanjutan. Selain itu, tadi juga disampaikan oleh narasumber bahwa anak muda harus berani berwirausaha, jangan takut gagal, ” ujar Athala didampingi beberapa siswa lainnya.

Demikianlah, kerja keras dan kerja cerdas adalah prasyarat penting untuk meraih kata kesuksesan. Tidak ada sukses yang instan dan mendadak. Kesemuanya memerlukan proses yang meniscayakan keluarnya tetesan air mata, keringat, dan juga barangkali darah untuk sebuah kata Sukses. Maka, berangkat dari hal tersebut, segeralah enyahkan rasa malas kita, jadikan diri kita sebagai insan yang siap untuk berproses dan sukses.

Salam sukses siswa Smansa Perjaka….


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.