Apapun sebutannya, kondisinya, kapasitas sebagai seorang pemimpin mutlak diperlukan. Di sini kita tidak bicara lagi tentang siapa dan dari dinasti apa, namun lebih pada keterbukaan pola pikir, paradigma, atau mindset.

Mindset positif akan menggiring manusianya untuk berperilaku terbimbing dan berkemajuan. Semangatnya hanya satu, bagaimana dirinya bisa berkontribusi penuh bagi lingkungannya.

Pemimpin harus dibentuk

Dalam rentang sejarah yang terbentang, betapa kita bisa menikmati beragam karakter kepemimpinan sekaligus produk yang dihasilkan. Tercatat model kepemimpinan ala Hitler, Stalin, Soekarno hingga Jokowi, bila kita bicara keIndonesiaan kita.

Agaknya memang benar, pemimpin harus dibentuk, dicetak. Pertanyaannya: melalui apa, bagaimana formulanya? Di sinilah pentingnya argumentasi dan persamaan persepsi diajukan.

Pemimpin mutlak diperlukan dalam setiap kelompok, komunitas, apalagi sebuah negara. Pemimpin adalah mereka yang berani mengambil alih tanggung jawab di atas segala kepentingan. Pemimpin merupakan mutiara yang memikul beban masyarakatnya.

Bagaimana profil pemimpin sejati itu? Telah banyak diajukan ragam konsep kepemimpinan saat ini.
Ada pemimpin berjenis otoriter dan partisan. Keduanya memiliki perbedaan yang fundamental sekaligus signifikan. Pada tipe pertama tersua beragam karakter destruktif yang akan merusak kelompoknya. Adapun pada tipe kedua, akan dijumpai keindahan dalam seni memimpin masyarakatnya. Berkelindan selalu dengan harmoni dan humanisme. Inilah tipe pemimpin ideal untuk masa depan.

Dan sekali lagi, pemimpin harus diciptakan. Adalah tugas kita memberi ruang, panggung, dan suport bagi terbentuknya pemimpin ideal untuk masa depan bangsa ini. Tanpa kepedulian kita terhadap generasi penerus, dapat dipastikan berapa usia bangsa ini akan eksis. Pertanyaannya: relakah kita, sanggupkah kita melihat keruntuhan bangsa yang kita cintai bersama ini, tanah tumpah darah kita sendiri? Mari merefleksi diri sedini mungkin.

Kategori: Artikel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *